Friday 25 April 2014

Uji Urin

Rangkuman materi
   Proses pembentukan urine terjadi melalui 3 tahap. Di mulai dengan proses filtrasi pada glomerulus,darah mengalami penyaringan zat-zat seperti air garam,gula,urea,dan lain-lain menghasilkan filtrat glomerulus (urine primer). Setelah itu urine primer di salurkan melalui Tubulus Kontortus Proksimal mengalami proses Reabsorbsi zat-zat yang masih dapat bermanfaat bagi tubuh sehingga di hasilkan filtrat tubulus (urine sekunder),dan terakhir urine sekunder mengalami proses Augmentasi yaitu pengeluaran zat-zat yang membahayakan tubuh sehingga di hasilkan urine sesungguhnya. Maka dapat di simpulkan urine orang sehat tidak mengandung Albumin (protein) dan glukosa Karena tidak mengalami kerusakan pada ginjal.
Tujuan :
1.    Untuk mengetahui kandungan dari urine
2.    Untuk mengetahui indikasi penyakit Diabetes Millitus dan Albiminuria
3.    Untuk mengetahui pH urine
Alat dan bahan

1.    Tabung reaksi
2.    Tabung ukur
3.    Pipet tetes
4.    Pembakar spiritus(Bunsen)
5.    Penjepit kayu
6.    Rak tabung reaksi
7.    Urine
8.    Reagen biuret
9.    Reagen fehling A dan fehling B
10.  pH indikator
11. Korek api
Prosedur kerja
1.    Celupkan kertas pH indicator ke dalam urine dan amati pH urine
2.    Siapkan 2(dua) buah tabung reaksi untuk setiap siswa dan beri label A dan B
3.    Dengan menggunakan tabung ukur,isilah setiap tabung reaksi dengan urine masing-masing 3ml
4.    Dengan menggunakan pipet, berilah tiga tetes biuret ke dalam tabung reaksi A
5.    Aduk hingga tercampur lalu amati perubahan warna yang terjadi
6.    Selanjutnya berilah masing-masing 5 tetes Fehling A dan B ke dalam tabung B
7.    Aduk hingga tercampur rata lalu panaskan di atas Bunsen selama 1 menit dan amati perubahan warna yang terjadi
8.    Lakukan prosedur di atas pada seluruh teman kelompokmu
9.    Catat hasilnya ke dalam tabel pengamatan
10  Bandingkan hasilnya dengan teman satu kelompokmu



Tabel Pengamatan:
No
Nama
pH
REAGEN
INDIKASI
ADA/ TIDAKNYA ENDAPAN
BIURET
FEHLING
DM
A
1
Hendri
5
Hijau
Biru
 -
ADA ENDAPAN
2
Ima S.
6
Hijau
Biru
 -
 -
 -
 -
TIDAK ADA ENDAPAN
3
Lusiana
7
Biru Muda
Biru Tua
 -
 -
 -
 -
TIDAK ADA ENDAPAN
4
Rahma
5
Hijau
Hijau
 -
 -
 -
 -
ADA ENDAPAN
5
Siti Muzdalifah
7
Hijau Daun
Hijau Tua
 -
 -
 -
TIDAK ADA ENDAPAN

Diskusi:
1.    Apa yang di maksud penyakit Albuminuria?Bagaimana cara membuktikan bahwa seseorang terkena penyakit Albuminuria?

Jawab:
·         Albuminuria adalah suatu penyakit ginjal di mana di temukannya protein albumin di dalam urine. Hal ini di karenakan oleh kelainan / kerusakan pada ginjal,terutama pada bagian glomerulus yang bertugas untuk memfiltrasi zat-zat yang di perlukan oleh tubuh mengalami kelainan atau kerusakan. Sehingga,protein yang seharusnya di saring oleh ginjal tidak dapat di saring dan keluar bersama urine.
·         Dengan cara menguji urine, tuangkan 3 ml urine ke dalam tabung reaksi. Kemudian di beri 3 tetes reagen biuret,lalu aduk hingga tercampur dan bereaksi. Amatilah perubahan warnanya,jika warna urine berubah menjadi ungu muda,maka di dalam urine tesebut mengandung protein,yang menjadi indicator penyakit Albuminuria.

2.    Apa yang di maksud penyakit Diabetes Militus?Bagaimana cara membuktikan bahwa seseorang menderita Diabetes Militus?

Jawab:
·         Diabetes Militus adalah kondisi di mana tubuh seseorang mengalami gangguan dalam mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Hal ini di sebabkan karena kurang sempurnanya kerja hormon insulin. Hormon insulin di hasilkan oleh pankreas,hormon insulin berfungsi untuk membawa glukosa ke dalam sel-sel organ tubuh. Bila kerja insulin terganggu maka glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel tetapi berada di dalam pembuluh darah sehingga konsentrasi glukosa dalam darah meningkat.
·         Dengan cara menguji urine,tuangkan 3ml urine ke dalam tabung reaksi dengan Fehling A dan B masing-masing 5 tetes. Aduk hingga tercampur lalu bakar di atas pembakar spiritus,bakar hingga 1 menit. Amati perubahan warna yang terjadi. Bila perubahan warna pada urine berwarna merah bata,maka dapat di ketahui bahwa urine tersebut mengandung glukosa yang dapat menjadi indicator penyakit Diabetes Militus.

3.    Berapa pH urine orang normal?apa artinya dan apa yang terjadi bila seseorang memiliki pH urine kurang atau lebih dari normal?

Jawab:
·         pH urine orang normal adalah 7. Bila pH nya kurang dari 7 atau urine pekat,terindikasi bahwa orang itu kurang minum air dalam sehari. KUrangnya kebutuhan air akan membuat kandungan-kandungan dalam urine akan mengendap dan jika di biarkan akan menjadi Kristal sehingga akan menimbulkan berbagai penyakit. Bila pH >7 maka urine menjadi basa terindikasi bahwa orang tersebut mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mengganggu proses pengasaman pada urine

4.    Mengapa urine kia berbau”pesing”?jelaskan proses pembetukkan zat yang menyebabkan urine kita berbau “pesing”!

Jawab:
·         Bau pesing pada urine di sebabkan oleh kandungan ammonia yang memiliki aroma menyengat taupun bahan-bahan kimia lainnya. Bau pesing pada urine juga dapat di pengaruhi oleh makanan-makanan yang di konsumsi ataupun kelainan pada proses pembentukannya.
·         Bau ammonia di sebabkan oleh perombakan protein dalam saluran kemih
5.    Tuliskan dan jelaskan factor yang mempengaruhi jumlah urine yang di hasilkan

Jawab:
·         Jumlah air yang di minum,jumlah air yang kita minum dan kita konsumsi dalam sehari memengaruhi jumlah urine yang di hasilkan. Semakin kita banyak minum air maka akan semakin banyak urine yang di hasilkan
·         Banyaknya garam yang harus di keluarkan dari darah. Garam di keluarkan dari darah dengan tujuan untuk menjaga tekanan osmosis di dalam tubuh
·         Iklim/cuaca.ketika  musim hujan urine yang di hasilkan oleh tubuh lebih banyak daripada musim panas,hal ini di sebabkan oleh suhu yang dingin
·         Pengaruh hormon antidiuretik (ADH). Hormon ADH adalah hormon yang berfungsi mengatur kadar air dalam darah,maka apabila hormone ADH mengalami kekurangan akan memengaruhi jumlah urine yang di hasilkan.

6.    Tuliskan komponen zat penyusun urine normal!

Jawab:
·         Urine terdri dari air dengan bahan terlarut berupa sisa metabolism(urea),garam terlarut,damn materi organik. Cairan dan materi pembentuk urine berasal dari darah atau cairan interstistal. Komposisi urine berubah sepanjang proses reabsorpsi ketika molekul yang penting bagi tubuh missal glukosa,di serap kembali ke dalam tubuh melalui molekul pembawa. Cairan yang tersisa mengandung urea dalam kadar yang tinggi dan berbagai senyawa yang berlebih atau berpotensi racun yang akan di buang keluar tubuh. Materi yang terkandung di dalam urine dapat di ketahui melalui urinalis oleh urea yang di kandung oleh urine dapat menjadi oleh sumber nitrogen yang baik untuk tumbuhan dandapat di gunakan untuk mempercepat membentuk kompos.
7.    Jelaskan mengapa urine seseorang terdapat endapan?Bagaimana cara mengatasinya?

Jawab:
Karena seseorang kurang minum air putih. Cara mengatasinya dengan minum air putih yang cukup

8.    Jelaskan 3 proses pembentukan urine!

Jawab:
·         Filtrasi: Terjadi karena adanya perbedaan tekanan antara kapiler glomerulus dengan tubulus. Filtrasi menghasilkan ultrafiltrat yang mengandung air,garam organic,glukosa,asam amino,urea,asam urat,kreatinin dan tidak mengandung sel darah mearah
·         Reabsorpsi tubuler: pemindahan cairan dari tubulus renalis ke kapiler peritubuler. Proses reabsorpsi selektif tergantung kebutuhan tubuh pada senyawa yang terdapat pada ultrafiltrat
·         Augmentasi : penambahan zat-zat yang akan di buang yang terjadi di tubulus distal. Yang menghasilkan Urine Tertier.


9.    Tuliskan 5 alat ekskresi pada manusia beserta zat yang di ekskresikan !
Jawab:
·         Hati.zat yang di keluarkan dari hati adalah empedu
·         Kulit,zat yang dikeluarkan adalah keringat yang mengandung garam-garam yang tidak perlu
·         Ginjal,yang dikeluarkan adalah urine
·         Paru,zat yang di keluarkan adalah CO2
·         Anus,yang di keluarkan adalah feses

10        Tuliskan beberapa penyakit pada manusia yang berkaitan dengan produksi urine

Jawab:
·         Diabetes Insipidud,penyakit yang terjadi akibat kekurangan hormon ADH
·         Diabetes Militus,penyakit yang di tandai dengan tingginya kadar glukosa pada darah sehingga urine yang di hasilkan mengandung glukosa
·         Albuminuria,penyakit yang di tandai dengan adanya protein di dalam urine akibat kerusakan glomerulus
·         Batu ginjal,suatu endapan garam kalsium di dalam rongga ginjal ,saluran ginjal,atau kandung kemih
·         Nefritis,penyakit yang di sebabkan oleh infeksi pada bagian nefron

Kesimpulan
Dari hasil percobaan tersebut kami dapat menyimpulkan bahwa urine seseorang memiliki pH yang berbeda-beda diman pH urine yg netral yaitu 7. Apabila berada di bawah 7 maka urine bersifat asam. Sedangkan pH di atas 7 maka urine bersifat basa,dan kandungan dalam urine berupa ammonia,asam urat,kreatinin,obat-obatan,dan zat lain yang bersifat racun. Serta jika urine di tuangkan 3 ml ke dalam tabung reaksi. Kemudian di beri 3 tetes reagen biuret,lalu aduk hingga tercampur dan bereaksi. Jika warna urine berubah menjadi ungu muda,maka di dalam urine tesebut mengandung protein,yang menjadi indicator penyakit Albuminuria.dan apabila di beri dengan Fehling A dan B masing-masing 5 tetes. Aduk hingga tercampur lalu bakar di atas pembakar spiritus,bakar hingga 1 menit lalu warna pada urine berwarna merah bata,maka dapat di ketahui bahwa urine tersebut mengandung glukosa yang dapat menjadi indicator penyakit Diabetes Militus.


Kertas pH

Celupkan kertas pH ke dalam urine

Liat warna kertas pH telah di celupkan

Tuang urine pada gelas ukur
3ml urine

Urine yang telah di beri Fehling A dan B,kemudian di bakar




 Tabung reaksi sebelah kiri urine di beri biuret,sedangkan tabung reaksi sebelah kanan di beri Fehling A dan B yang sudah di bakar


No comments:

Post a Comment